Tips Membangkitkan Rasa Percaya Diri Anak

November 01, 2017
Tips Membangkitkan Rasa Percaya Diri Anak. Memiliki anak yang bahagia dan percaya diri tentu merupakan dambaan setiap orangtua. Pasalnya, anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi relatif tidak akan menemukan hambatan berarti dalam kehidupan sosialnya. Sebaliknya, anak yang memiliki rasa percaya diri rendah, biasanya akan menemui banyak hambatan dalam bersosialisasi serta belajar di sekolah. Tidak hanya itu, anak juga akan mengalami kesulitan bergaul dengan kawan-kawannya. Bahkan, bukan tidak mungkin anak yang memiliki rasa percaya diri rendah akan menjadi sasaran empuk bagi para pelaku bullying. Oleh karena itu, orangtua perlu menjalankan berbagai kiat membangkitkan rasa percaya diri anak sejak dini.

Tips Membangkitkan Rasa Percaya Diri Anak

Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini agar rasa percaya diri anak meningkat 


1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri Orangtua Terlebih Dulu
Anak adalah peniru ulung. Ia belajar dari segala hal yang dilihatnya, termasuk emosi tertentu seperti kemarahan atau rasa takut. Jika orangtua memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, anak tentu akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang percaya diri pula. Maka dari itu, sebaiknya orangtua mulai membangun kepercayaan dirinya sendiri terlebih dulu. 

2. Biarkan anak belajar dari apa yang ia lihat.
Orangtua bisa memulainya dengan menggali potensi serta kelebihan diri sendiri. Jangan terlalu fokus pada kekurangan diri. Lebih baik gunakan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dan menjadikannya sebuah kekuatan yang bisa membangkitkan rasa percaya diri. Hal ini akan dicontoh oleh anak, sehingga anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

3. Hindari Kata-Kata Menyakitkan
Sebagai orangtua, Anda perlu menegur jika anak melakukan kesalahan. Tetapi, pastikan Anda menyampaikannya dengan kata-kata yang baik dan tidak menyakitkan. Pikirkan kembali teguran yang ingin Anda sampaikan, jangan sampai teguran tersebut justru akan membuat anak menjadi minder. Cukup tunjukkan saja kesalahannya, mintalah anak untuk minta maaf, serta tidak mengulanginya kembali. Semarah apapun, hindari kata-kata yang menggambarkan bahwa Anda tidak menyayangi anak Anda.

4. Luangkan Lebih Banyak Waktu Bersama Anak
Anak memerlukan kasih sayang, perhatian, serta dukungan dari orangtuanya. Dengan meluangkan lebih banyak waktu untuk anak, Anda bisa memanfaatkannya untuk memberikan masukan serta pujian. Hal ini secara tidak langsung bisa memupuk rasa percaya diri anak Anda.

5. Dukung Anak Anda Mengembangkan Bakat
Salah satu cara paling ampuh untuk membangkitkan rasa percaya diri anak adalah dengan prestasi. Anda bisa menggali potensi dan hobi anak Anda. Dukunglah ia untuk mengembangkan hal tersebut. Sebagai contoh, jika anak Anda memiliki hobi serta bakat bermain musik, Anda bisa memfasilitasinya dengan cara mengajak anak untuk bergabung dengan les musik.  

 baca juga :
 - Manfaat Olahraga Bela diri untuk Anak






Anak akan semakin mudah menumbuhkan rasa percaya diri saat berhasil memperoleh prestasi dari kemampuannya sendiri. Tetapi jangan lupa untuk mengajarkan juga tentang cara menerima kekalahan, agar anak terlalu kecewa saat mengalami kegagalan.

6. Jangan Pelit Pujian
Hargai prestasi anak dengan cara memberikan pujian. Anda juga bisa memajang hasil karya anak di rumah. Hal ini akan membuat anak merasa bangga akan prestasinya, serta semakin percaya diri. Berikan juga pujian pada saat anak Anda melakukan kebaikan, misalnya saat ia menolong kucing yang terjebak di selokan, atau saat ia membantu Anda melakukan pekerjaan rumah.

7. Beri Anak Kebebasan Untuk Berteman
Agar anak Anda tidak mengalami kesulitan dalam bersosialisasi, sebaiknya beri ia kebebasan dalam berteman. Jangan terlalu banyak mengatur dan ikut campur saat anak akan mulai menjalin pertemanan. Anda cukup memantau dari jauh, serta berikan masukan agar anak tidak salah memilih teman. Hal ini akan menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi anak agar tidak minder dan terkucil.

Demikianlah Tips membangkitkan rasa percaya diri anak yang bisa Anda terapkan. Dukunglah anak serta jadilah contoh yang baik agar anak tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi.

 photo source : shutterstock

tags :

  | |
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Post a Comment