Manfaat Olahraga Bela Diri Untuk Anak

November 01, 2017
Manfaat Olahraga Bela Diri Untuk Anak. Bagi sebagian orang, olahraga bela diri/ seni beladiri identik dengan gerakan berbahaya serta membahayakan dan olah raga ini banyak diasumsikan hanya cocok untuk remaja dan dewasa. Maka tidak heran jika banyak orangtua merasa ragu untuk memperkenalkan olahraga bela diri pada anak. Padahal apabila dilakukan dengan teknik yang tepat serta tujuan yang benar, kita akan menemukan beragam manfaat olahraga bela diri ini terutama untuk anak.

Manfaat Olahraga beladiri untuk anak

Banyak manfaat yang dapat diambil dari olahraga beladiri terutama pada anak, selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, tentu banyak manfaat lainya yang akan dirasakan, diantaranya :

1.       Menjaga Kebugaran Tubuh Anak
Salah satu manfaat olahraga bela diri  adalah menjaga kebugaran tubuhanak. Biasanya latihan bela diri akan diawali dengan pemanasan terlebih dulu. Hal ini untuk menghindari resiko cidera otot, kram, serta bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Tidah hanya itu, olahraga bela dirijuga memiliki manfaat lain yaitu mengencangkan otot, membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks, serta menyehatkan tubuh.

2.       Melatih Kedisiplinan Anak
Salah satu filosofi olah raga bela diri adalah tentang disiplin. Berbagaigerakan yang rumit dan teratur, serta dengan ritme hitungan yang telah ditentukan dalamolahraga bela diri, secara tidak langsung akan menanamkankedisiplinan pada diri anak.

3.       Mengajarkan Anak Menghormati Orang Lain
Salah satu kebiasaan yang wajib dilakukan oleh para atlet bela diri sebelum bertanding adalah memberi hormat dengan cara membungkukkan tubuh kepada lawan. Hal ini merupakan bentuk simbol respek yang menandakan bahwa pertandingan tersebut hanyalah sebuah permainan. Artinya, seusai pertandingan, atlet tidak memiliki masalah satu sama lain. Dari sini, anak dapat memetik pelajaran bahwa menghormati orang lain sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, Selama latihan, bisa jadi anak akan menerima pukulan dari temannya. Diharapkan nantinya anak akan menjaga diri agar tidak ringan tangan dan sembarangan memukul atau menyakiti orang lain, karena sudah mengetahui bagaimana rasanya sakit ketika dipukul.


           Melatih Anak Mempertahankan Diri

Kejahatan, kekerasan, serta tindakan bullying kerap terjadi pada anak. Dengan mempelajari olahraga bela diri, anak akan terlatih untuk berpikir secara cepat, taktis, serta waspadaSehingga apabila suatu ketika anak menghadapi situasi sulit dan mengancam, anak akan menjadi lebih tenang dalam mencari jalan keluar.Tidak hanya itu, dengan olahraga bela diri, anak akan terhindar dari perilaku bullying oleh orang lain.






          

         
5.       Meningkatkan Konsentrasi Serta Melatih Fokus Pada Anak
Salah satu poin penting yang ditekankan dalam olahraga bela diri adalah memusatkanpikiran sertakonsentrasiterhadap sasaran.Hal ini berimbas pada kemampuan anak untuk konsentrasi serta fokus pada hal yang lainnya, termasuk dalam kegiatan sosial dan belajar.

6.       Melatih Anak Memiliki Mental yang Kuat
Dalam olahraga bela diri, anak diajari menyerang sekaligus menerima serangan. Dengan ini, anak akan belajar bahwa untuk dapat memenangkan pertandingan, kadang mereka harus terjatuh dan bangkit kembali. Hal tersebut akan menciptakan perspektif positif pada anak agar menjadi pribadi yang pantang menyerah serta mampu menerima kekalahan.

7.       Membangkitkan Rasa Percaya Diri
Dengan mengikuti olah raga bela diri,anak akan belajar menggali potensi dan kekuatandalam dirinya. Ketika telah mengetahui kekuatan pribadi,anak cenderung menjadi lebihpercaya diri serta menghargai dirinya sendiri. Timbulnya penghargaan terhadap diri sendiri, menjadikan anak tidak mudah frustrasi ketika menghadapi masalah.

Tidak hanya itu, anak juga akan terhindar dari pergaulan negatif karena ia akan mampu mengatakan"tidak"pada setiap hal yang tidak sesuai dengan hati nurani serta aturan yang berlaku.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat olahraga bela diri untuk anak. Pilihlah klub dan pelatih yang profesional agar filosofi bela diri dapat tersampaikan dengan baik pada anak. Jangan lupa untuk menekankan agar anak tidak menyalahgunakan kemampuan bela diri yang ia miliki untuk hal-hal negatif.


Previous
Next Post »
0 Komentar

Post a Comment