Tips Menghadapi Anak Agresif

Oktober 25, 2017
Tips Menghadapi Anak Agresif. Orangtua merupakan penanggungjawab atas segala tindak tanduk anak, apalagi bila usianya masih tergolong muda. Banyak karakter anak yang perlu dipahami oleh para orangtua. Salah satunya adalah anak yang memiliki sifat dan karakter agresif. Anak dengan perilaku agresif, tentunya dapat membuat Anda sebagai orangtua cukup kewalahan. Nah, berikut ada beberapa cara menghadapi anak agresif. Simak ulasannya di bawah ini. 

Tips Menghadapi Anak Agresif

Beri Hukuman yang Efektif

Ada sebagian orangtua yang beranggapan, bahwa memberi pelajaran pada anak itu sah-sah saja menggunakan kekerasan, seperti pukulan. Tahukah Anda, memukul bukanlah cara yang baik untuk menghentikan perilaku buruk pada anak. Ia malah akan merasa bingung, kecewa, dan terluka batinnya. Rasa percayanya terhadap Anda selaku orangtua yang seharusnya menjadi tempatnya berlindung pun sirna, karena sikap kasar Anda padanya. 

Memang ada beberapa kasus yang membuktikan, bahwa pukulan dapat menghentikan perilaku buruk pada anak. Tetapi, itu hanya bersifat sementara karena sebenarnya Anak taat pada orangtua hanya karena perasaan takut dipukul lagi, bukan karena pemahaman atas masalah yang sebenarnya terjadi. Bukan tidak mungkin bila suatu hari nanti, anak akan mengulangi perbuatan yang sama, bahkan lebih buruk. Ia juga dapat melakukan pembalasan terhadap orangtuanya dengan cara melakukan suatu tindakan yang dapat membuat Anda pusing, malu, hingga jengkel. 

Ada banyak jenis alternatif hukuman fisik untuk anak yang lebih efektif daripada pukulan. Anda bisa memperingatkannya dengan kata-kata yang lembut, membatasi penggunaan televisi atau gadget, menyita mainannya, dan lain sebagainya. Bawalah anak ke tempat untuk menenangkan diri, tetapi hindari kamar tidurnya, seperti contohnya kursi khusus di sudut ruangan atau dengan menyuruhnya tidur lebih awal. 

Mengatasi Anak Agresif yang Hobi Mengamuk di Depan Umum

1. Perlu adanya rasa pengertian dan kesabaran sebagai orangtua. Anda tidak perlu menggunakan kekerasan fisik. Tenangkanlah anak dengan sebuah pelukan, kemudian tanya apa yang ia inginkan dan pastikan bahwa Anda akan memenuhi kebutuhannya. 

2. Buatlah perjanjian terlebih dahulu dengan anak Anda sebelum pergi ke luar rumah. Hal ini dilakukan agar anak dapat mengerti dan menjaga sikapnya ketika berada di tempat umum. Jangan ragu untuk membicarakan konsekuensi yang akan ia terima bila ia melanggar. 

 baca juga :

 - Tips Mendidik Anak dengan Cinta



Memilah Sikap Agresif Anak


Tidak semua sikap agresif mengarah pada tindak tanduk negatif. Sikap agresif yang mengarah pada kreativitas anak tentu saja dibolehkan, apalagi jika mereka merusakkan barang terlebih karena perasaan penasaran, karena keingintahuannya pada benda-benda itu. 

Ada baiknya bila Anda mengelompokkan tersendiri anak-anak yang memiliki gejala agresif. Untuk memperbaiki sikap agresif anak, bukan dengan cara membaurnya bersama dengan anak yang kalem, apalagi jika anak tersebut introvert, dengan harapan si agresif agar tertular menjadi kalem juga. 

Penanganan Anak Agresif


Menangani anak agresif bukanlah suatu perkara yang mudah. Tak hanya si anak agresif yang harus diperhatikan, tetapi juga penanganan atas anak yang menjadi korban perilaku tersebut. penanganan terhadap anak berperilaku agresif harus dilakukan bertahap dan menyeluruh, artinya, semua pihak pun harus terlibat, termasuk orangtua, guru, dan lingkungannya. 

Demikian pembahasan mengenai cara menghadapi anak agresif yang dapat membantu Anda sebagai orangtua untuk melatih dan mengubah kepribadian anak agresif menjadi jauh lebih baik lagi. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda manfaat dalam mendidik anak-anak para generasi penerus bangsa. 

photo source : nakita
Previous
Next Post »
0 Komentar

Post a Comment