Tips Mendidik Anak Dengan Cinta

Oktober 23, 2017
Mendidik Anak Dengan Cinta. Tumbuh kembang anak memang merupakan bahasan yang tidak akan pernah ada habisnya. Ilmu tentang mendidik anak juga semakin berkembang. Orang tua dimanjakan dengan kemudahan mengakses semua informasi tentang mendidik anak lewat sosial media. Begitu juga dalam memberikan pendidikan dirumah seperti belajar membaca, menghitung, dan belajar hal lainya dengan memanfaatkan teknologi.

Dari semua tema tentang medidik anak, tema mendidik anak dengan cinta merupakan satu hal yang menarik. Karena orang tua pasti mencintai anak, hanya terkadang cintanya bisa berlebihan dan justru merugikan anak sendiri. 

Tips Mendidik Anak Dengan Cinta


Menurut Bunda Arifah dalam bukunya Smart Parenting With Love, adalah upaya yang dilakukan orang tua untuk bisa menjadi orang tua cerdas penuh kasih sayang :

1. Memberikan anak lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang. Menjauhkan anak dari kondisi ketegangan orang tua. Membuat anak bahagia akan membantunya menjadi cerdas. Apakah artinya anak tidak boleh menangis? Bukan itu juga, tetapi mengajarkan pada anak bahwa tangisan bukan senjata untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

2. Melatih kemandirian anak, memberikan kesempatan seluas-luasnya pada anak untuk mandiri sejak dini. Tidak memberikan banyak bantuan pada anak merupakan salah satu cara agar anak bisa segera memahami tentang diri mereka. 

3. Menanamkan rasa percaya diri, mengenali kemampuan diri akan membuat anak mempunyai rasa percaya diri. Setelah anak bisa mandiri maka tahap selanjutnya adalah membangun kepercayaan dirinya. Seringkali orang tua mempunyai rasa khawatir yang berlebihan, hal ini akan membuat anak menjadi sosok yang lemah.

4. Memilihkan bacaan yang bagus untuk anak, mengenalkan buku yang bagus sejak dini sangat membantu anak mencintai buku dan menyukai membaca.

5. Mengajak dan menemani anak bermain sepenuh hati, tidak melulu permainan itu harus yang mahal harganya. Membuat permainan yang sederhana tetapi manfaatnya besar menjadi tugas yang menyenangkan untuk orang tua, terutama jika bermain peran.

6. Mengajari anak untuk membangun komunikasi yang baik sejak dini. Hal ini penting karena anak paham bahwa ada cara yang lebih baik dari menangis jika menginginkan sesuatu.

7. Mengajarkan untuk banyak bergerak. 
Banyak bergerak akan bisa membuat anak membangun pikiran positif.

8. Menjauhkan anak dari tontonan yang tidak mendidik. Selektif untuk memilihcara yang layak ditonton anak akan mendukung perkembangan kecerdasan anak.

 baca juga :
 - Tips Anak Belajar Membaca dengan Menyenangkan






Dalam mendidik anak dengan cinta, jangan melupakan tentang bahasa cinta. Apa maksudnya? Saat orang tua ingin membangun komunikasi yang baik dengan anak maka sebaiknya perlu memahami bahasa cinta anak, agar semua informasi yang ingin disampaikan orang tua mudah dipaham ianak. Bahasa cinta meliputi:

1. Hadiah, memberikan hadiah untuk kemajuan yang didapat anak.
Anak butuh apresiasi dari orang tua, sebagai orang tua sepantasnya kita dapat memberikan sebuah apresiasi untuk sebuah kemajuan yang didapat anak, memberikan sebuah hadiah kepada anak merupakan pilihan baik yang akan membuatnya lebih termotifasi untuk lebih maju.

2. Sentuhan fisik, memberikan pelukan, kecupan dan belaian.
Anak membutuhkan perhatian lebih dari kedua orang tuanya, memberikan pelukan akan membuatnya merasa nyaman dan terlindungi.

3. Memanjakan, tetapi harus diingat jangan sampai ini mengganggu kemandiriannya.
Memanjakan seorang anak adalah hal yang mesti dilakukan, namun jika anda berlebihan dalam memanjakanya, tentu ini akan mengganggu dalam membangun kemandirianya.

4. Kata-kata positif, berisi kalimat yang penuh kasih sayang.
Perdengarkanlah pada anak perkataan yang positif dan lembut, karena anak akan meniru apa yang dilihat dan mereka dengar.

5. Waktu yang berkualitas, waktu yang benar-benar hanya buat mereka.
Jika anda termasuk orang yang mempunyai sedikit waktu dirumah, manfaatkanlah waktu saat anda bersama mereka, karena mereka adalah prioritas utama anda.

Dalam proses mendidik anak dengan cinta, diperlukan keaktifan dari kedua orang tua baik ayah maupun ibunya. Mengapa demikian? Karena keduanya pasti memiliki gaya pengasuhan yang berbeda. Saling melengkapi dan mengisi. Ayah dengan gaya pengasuhannya akan membuat anak merasa utuh sedangkan keterlibatan aktif seorang ayah akan membuat seorang ibu mempunyai waktu untuk tetap menjaga dirinya seimbang.

Anak adalah amanah dari Sang Pemilik hidup yang dititipkan pada orang tua. Oleh karena itu mendidik anak dengan cinta menjadi kewajiban orang tua sebagai bukti rasa Syukur Kepada Tuhan.

photo source : stocksnap.io
Previous
Next Post »
0 Komentar

Post a Comment