Menumbuhkan Rasa Syukur Pada Anak

Oktober 25, 2017
Menumbuhkan Rasa Syukur Pada AnakBersyukur merupakan salah satu kebiasaan yang harus kita tanamkan pada anak sejak dini. Tak mudah memang mengajarkan anak untuk pandai bersyukur atas apapun yang ia terima. Apalagi, ketika usia anak masih terbilang cukup muda. Namun, alam telah memberikan kita segalanya, bahkan sejak kita lahir. Bisa jadi, inilah yang menyebabkan anak memiliki perilaku egois, tapi Anda tak perlu heran atau cemas karena semua itu wajar adanya.

Menumbuhkan rasa syukur pada anak

Rasa syukur sangat diperlukan untuk bisa bergaul dalam kehidupan masyarakat dengan baik. Dengan bersyukur, Anda dapat mengajarkan bagaimana cara hidup sesuai norma dan beradaptasi dengan dunia luar dengan cara yang lebih baik. Murah hati, kebaikan, dan rasa terima kasih merupakan contoh dari kualitas hidup yang membuat manusia mampu menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan tersebut, maka Anda sudah membekalinya dengan pedoman yang tepat.

Tak hanya rasa syukur yang harus ditumbuhkan dalam diri anak sejak dini, tetapi Anda juga harus bisa meyakinkan Anak agar berperilaku sopan, sehingga memiliki kebiasaan bergaul dengan cara yang menyenangkan.

Tahukah Anda, jika menumbuhkan rasa syukur pada diri anak dapat membuatnya lebih peka terhadap situasi orang lain dan akan membuatnya tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Empai  dan kasih sayang merupakan salah satu kunci penting yang patut Anda ajarkan karena hal itu akan banyak membantunya ketika ia dewasa nanti.

Lalu, bagaimanakah cara menumbuhkan rasa syukur pada anak?


Sebagai orang tua, Anda harus terlebih dulu menjadi contoh yang baik untuk mereka. Anak-anak akan mempelajari dan menyerap sesuatu dengan sangat cepat, karena anak menduplikasi apa yang dilakukan oleh orang tuanya, sebagai figur terdekat.


 baca juga :
- Tips Mendidik Anak dengan Cinta






Ucapkan Terima Kasih

Tak ada salahnya, bila sebagai orang tua, Anda mengucapkan terima kasih padaanak ketika ia membantu Anda melakukan apapun. Hal seperti ini dapat membuat anak paham bahwa ketika seseorang menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, satu ucapan terima kasih bisa menjadi hal yang begitu istimewa dan menyenangkan, serta dapat memperkuat ikatan. Dengan mengajarkannya kata terima kasih, ia akan tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Dunia ini memang tak pernah lepas dari kata egois, namun tak ada salahnya untuk mengajarkan anak memperhatikan kondisi orang lain juga. Anda sebagai orang tua pasti akan teramat bangga ketika bisa melihat sang anak tumbuh menjadi pribadi yang penuh simpati dan tidak mementingkan dirinya sendiri.


Murah Hati

Salah satu nilai kemurahan hati adalah rasa ringan dalam hati untuk memberi. Ajarkan anak konsep seperti ini sejak dini. Bila ada mainan atau pakaian yang sudah tidak digunakan lagi, ada baiknya  untuk mengajak anak menyumbangkannya pada anak-anak tunawisma atau anak-anak yang memiliki kondisi khusus, serta pantas menerima barang-barang layak pakai tersebut di lingkungan sekitar rumah Anda. Hal ini dapat memberikan pengaruh positif bagi anak untuk belajar apa arti memberi dan berbagi dengan orang lain. Setelah anak terbiasa melakukan banyak hal positif dengan ia membantu serta memberikan sesuatu pada orang lain, ini akan membentuk kebiasaannya secara bertahap. 

Tolong Menolong

Tolong menolong dalam kehidupan sosial tentunya menjadi pengaruh luar biasa bagi perkembangan moral anak. Oleh karena itu, sudah sewajarnya bila sebagai orang tua, Anda mengajarkan anak untuk membantu sesama tanpa mengharapkan pamrih sedikit pun. Hal ini juga dapat mengajarkannya apa itu arti dari ketulusan. Jika Anda mengajarkan anak tentang betapa pentingnya untuk membantu orang lain dan menunjukkan rasa terima kasih pada orang lain, dapat dipastikan bahwa mereka akan tumbuh menjadi individu yang baik dan dapat diterima dalam kehidupan sosialnya.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menumbuhkan rasa syukur pada anak. Semoga bermanfaat.

photo source : www.shutterstock.com

tags :

  | |
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Terima Kasih, sangat bermanfaat. Ijin share ya..

Balas
avatar

sama - sama, kami senang jika tulisan kami bermanfaat, sangat boleh di share

Balas

Post a Comment